Bismillah.. Dengan Nama Allah….

Fisika dalam ISLAM!!


Bismillahirrahmanirrahim..

Ya ikhwah..berbicara mengenai fisika,mungkin banyak di antara kita bahkan saya pribadi juga merasa ada sesuatu yang berat dalam otak ini.

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang paling mendasar,karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda.bidang fisika biasanya biasanya dibagi menjadi gerak,fluida,panas,suara,cahaya,listrik dan magnet,.dan topik-topik modern seperti relativitas,struktur atom,fisika zat padat,fisika nuklir,partikel elementer,dan astrofisika.

Hm…banyak ya ^_^hal  itu mungkin yang membuat fisika selama ini menjadi sebuah mata pelajaran yang paling disukai kebanyakan pelajar, baik dikalangan SMP,SMA bahkan Mahasiswa (mungkin hihihi ^_^)..

Mungkin kebanyakan dari kita mengira bahwa ilmu fisika itu berasal hanya dari pemikiran orang –orang ber IQ tinggi dan menghabiskan banyak waktu untuk meneliti sesuatu hingga kepalanya botak. Seperti  J.Thomson,Niels Bohr,Einstein dll.

hm..tentu saja tidak demikian,jauh sebelum teori-teori fisika itu ditemukan.ALLAH SWT sudah menuliskannya didalam sebuah kitab suci yaitu al-Qur’an,dan disini saya ingin berbagi sedikit mengenai hubungan antara fisika dalam islam ^_^

disimak ya ^_^………..

Ayat yang menjelaskan tentang teori rotasi bumi.
Perputaran itu disebut rotasi atau diartikan sebagai perputaran bumi pada poros/sumbunya,yang salah satu akibatnya adalah terjadi pergantian siang dan malam.

  1. sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran ALLAH) bagi orang2 yang berakal (QS.Ali Imran:190)
  2. Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya,dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya,agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar.Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaranNYA)kepada orang-orang yang mengetahui(QS.Yunus:5)

Ayat yang menjelaskan tentang fisika nuklir(sesuatu yang lebih kecil dari atom (orang Arab menyebut sesuatu yang lebih kecil dari semut dengan dzarrah).definisi atom adalah bagian terkecil dari suatu zat / unsur yang tidak dapat dibagi-bagi lagi

 

  1. Dan tidaklah engkau (Muhammad)berada dalam suatu urusan,dan tidak mmbaca suatu ayat Al-Qur’an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan,melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya.Tidak lengah sedikitpun dari pengetahuan tuhanmu biarpun sebesar Zarrah,baik di bumi maupun di langit.Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan lebih besar daripada itu,melainkan semua tercatat dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz) (QS.Yunus:61)
  2.  Dan orang-orang kafir berkata,”Hari kiamat itu tidak akan datang kepada kami.” Katakanlah “pasti datang,demi Tuhanku yang mengetahui yang ghaib,Kiamat itu pasti akan datangkepadamu.tidak ada yang tersembunyi bagiNYA sekalipun seberat zarrah baik yang dilangit maupun yang diBumi,yang lebih kecil dari itu atau yang lebih besar,semuanya (tertulis) dalam kitab yang jelas (Lh Mahfuz) (QS.Saba’: 3)

 Ayat yang menjelaskan tentang fisika atom atau fisika inti.telah diketemukan pasang-pasangan yangsangat menggemparkan para ahli, seperti elektron dan positron, proton dan antiproton, neutron dan anti neutron

  1. Mahasuci (ALLAH)yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan,baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri,maupun dari apa yang tidak mereka ketahui (QS.Yasin:36)
  2. Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran ALLAH) (QS.Az Zariat:49)

Ayat yang menjelaskan tentang  Waktu adalah Relatif. Albert Einstein, telah mengejutkansarjana-sarjana fisika lainnya di seluruh dunia dengan sebuah teori relativitas. Dengan teori ini orang mengetahui tentangkesetaraan massa dan tenaga, yang merupakan dasar dalam perhitungan tenaga nuklir, dan juga orang mengetahui bahwa besarnya massa, ukuran panjang, danwaktu adalah relatif, tergantung pada kecepatan sistemnya.

  1. Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi,kemudian (urusan) itu naik kepadaNYA dalam suatu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut menurut perhitunganmu (QS.As-sajdah:5)
  2. Dan,Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahunmenurut perhitunganmu. (QS.Al-Hajj:47)

Subhanallah,itulah sedikit ilmu yang bisa saya bagi mengenai Fisika dalam Islam,ternyata jauh sebelum semua teori itu di temukan ALLAH telah mengajarkan melalui kitab suci yang dipegang oleh umat ISLAM.oleh karena itu sudah sepatutnya kita sebagai umat ISLAM bangga dengan  ALLAH,dan bangga dengan Kitab suci Al-Qur’an karena didalamnya bukan hanya berisi petunjuk dan pedoman hidup tapi juga ilmu pengetahuan yang luar biasa.

Subhanallah,dengan  Belajar Al-Qur’an ternyata sama dengan kita belajar Fisika,tapi dengan belajar fisika tentu tidak sama dengan Al-Qur’an..jangan pernah Ragu dengan Al-Qur’an dan mari membiasakan diri hidup seimbang dengan urusan dunia dan akhirat.

Duniamu untuk akhiratmu,bukan akhirat untuk duniamu..ISLAM,ALLAHU AKBAR!! ^_^

Semoga bisa bertemu lagi dengan materi yang berbeda tentang fisika dalam ISLAM ^_^

Comments on: "Fisika dalam ISLAM!!" (2)

  1. subhanallah.. gak nyangka kalo semuanya ada hubungannya lho..
    jempol buat mbak hana :D

  2. siippp..syukron ya adhek :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: